Ancaman Virus ARP attack, Eternalblues, Doublepulsar



Seminggu terakhir ini kami mendapat laporan dari 2 rumah sakit di Jawa Tengah, pertama Rumah Sakit di Demak dan yang kedua Rumah Sakit di Semarang. IT rumah sakit tersebut pada salah satu malam dalam minggu ini mengabarkan kepada kami melalui WA “Pak, Bisa minta tolong ke Rumah Sakit kami karena nampaknya kami terserang virus” pinta petugas IT RS tsb. Lewat Wa juga kita balas yang intinya kita siap membantu.

Selang keesokan hari tim kami meluncur menuju Rumah Sakit tersebut, kami memasuki ruang EDP. Belum sempat duduk, Kami sudah diberi informasi. “Pak antrean pendaftaran mengular, IP address kami mengacak, bagian pelayanan tidak bisa connect ke server kami dan yang paling tidak enak kami di komplain dari berbagai pihak” begitu penjelasan dari orang EDP. Tanpa menunggu lama kamipun langsung menuju server, kami analisis masalah tersebut dan datang ke klien-klien agar memastikan jaringan masih bisa connect atau tidak. Setelah cukup lama kami analisis akhirnya kami menemukan sumber masalah yaitu adanya ARP attack, Eternalblues, Doublepulsar yang menimbulkan gangguan pelayanan tersebut. 

Kami kemudian lacak dan memang benar ada beberapa computer yang tidak ada proteksi sehingga ancaman – ancaman tersebut leluasa masuk. Masih beruntung rumah sakit tersebut tidak kehilangan data, namun bisa saja jika dibiarkan berlarut-larut data tersebut bisa hilang atau ter enkripsi. Jika sudah demikian maka sudah bisa diduga adanya kerugian material yang relatif besar.
Dari peristiwa itu himbauan kami amankanlah jaringan dan data di komputer Anda menggunakan Software Security yang efektif.


Sumber: Nicolas Adi W (Teknisi Softwarekantor)
Share on Google Plus

About softwarekantor

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar